Apakah ISO 9001?
ISO Seri 9001 diterbitkan oleh International Organization for Stantardization (ISO), sebuah federasi dunia badan-badan standar nasional yang berpusat di Swiss. ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu.
Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.
Kantor Manajemen Mutu (KMM) IPB
bertekad untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya. KMM sebagai organisasi pelaksana penjaminan mutu IPB berupaya menata dan mengembangkan sistem penjaminan mutu yang telah ada agar dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di IPB. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008.
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 adalah proses pengelolaan organisasi (Perencanaan, Penerapan, Evaluasi dan Penyempurnaan) yang ditujukan untuk menghasilkan output/kinerja/layanan yang sesuai dengan harapan pelanggan/pengguna.
Persiapan ISO 9001 : 2008 Kantor Manajemen Mutu (KMM) IPB dimulai sejak bulan Desember 2008 dan Kick Off Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 yaitu pada tanggal 1 Maret 2009.